Tempat Wisata di Situbondo

Padang Rumput Sikasur

situbondo
Sikasur, adalah sebuah hamparan padang rumput hijau dan asri yang terletak di Situbondo. Padang rumput Sikasur terletak di antara Gunung Hyan atau lebih dikenal dengan Argopuro dan Puncak Rengganis, tepatnya berada di desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, sekitar 18 Km arah selatan dari Besuki.
Saat mengunjungi padang rumput Sikasur, akan ditemukan danau bernama Sitanjung yang akan menambah keeksotisan padang rumput ini secara nyata.
Pengujung yang datang ke Sikasur selalu meluangkan waktu untuk berkemah dan menikmati suasana alam yang indah. Di padang rumput ini terdapat lapangan terbang yang sudah tidak beroperasi lagi, dan dibangun sejak tahun 1940 an oleh AJM Ledeboer sevagai kegiatan pembudidayaan rusa yang di datangkan dari luar negeri. 

Gunung Argopuro dan Puncak Rengganis

situbondo
Gunung Argopura merupakan bekas gunung berapi aktif yang terletak di Situbondo dan memiliki ketinggian 3.088 Meter yang merupakan bagian dari pegunungan Iyang yang berada di Kabupaten Probolinggo.
Gunung Argopuro memiliki beberapa puncak, salah satunya adalah puncak Rengganis. Selain memiliki daya tarik khas puncak gunung, di Rengganis juga terdapat situs peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamanya. Reruntuhan bersejarah itu dipercaya sebagai bekas reruntuhan kerajaan Dewi Rengganis. 

Kelenteng Poo Tong Biaw

situbondo
Keleteng Poo Tong Biaw adalah salah satu tempat ibadah Budha, yang terletak di Besuki, sekitar 35 Km dari kota Situbondo.
Layaknya bangunan ibadah umat Budha, kelenteng ini dipenuhi oleh banyak ornamen oriental dan cenderung ke warna merah. 

Bekol Savannah

situbondo
Beside Gua Jepang, in the Baluran National Park, you also can see Bekol savannah. It's about 12 km from the entrance Baluran National park. You will see a flock of deer, bulls, etc, in the morning and in the afternoon (when the sun goes down) to do their activity. You also can see their activity and behavior of those animals from the height.

Pantai Banongan

situbondo
Pantai Banongan adalah salah satu pantai di Situbondo yang menawarkan keaslian suasana dengan udara laut yang segar. Di sekitar pantai terdapat jajaran pohon kelapa yang merupakan miliki pemerintah kabupaten Situbondo sebagai salah satu perkebunan kelapa miliki negara.
Hadirnya jajaran pohon kelapa menambah susanan sejuk dan semilir di sekitar pantai Banongan, ditambah dengan birunya laut dan segarnya udara pantai menambah daya tarik tersendiri saat mengunjungi pantai ini.
Ditambah lagi, para pengunjung dapat menikmati panorama laut dengan melakukan beberapa kegiatan pantai, seperti, bermain kano, berjemur, berenang, dll. Berjalan di sepanjang pantai juga menarik untuk dilakukan.

Bama Beach : The Virgin Beach With Fantastic Scenery in Baluran Area

situbondo
Bama beach is located in east area, in Baluran National Park area. Here, you can see the original and virgin beach with its amazing scenery. Beside that you also can see mangrove forest, Bama spring and Mantingan spring. One of special moment here is that you can see monkey with the long tail (Macaca fascicularis) that fishing crabs with their long tail.

If you pleasure to walk, you can pass the truck and you can see the beautiful panorama of Bama Beach on the height.

This beach also equipped with tourism facilities, such as hotels, restaurants, and some of food merchants. Just with 15,000 Rupiahs per person you can spend the night in Bama Beach to enjoy the beautiful panorama at night here.

Taman Nasional Baluran

situbondo
Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, tepatnya berada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi. Taman nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan di Pulau Jawa yang cenderung kering, seperti savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai dan hutan rawa.
Nama Baluran untuk taman nasional ini diambil dari gunung yang berada di kawasan ini yaitu gunung Baluran. Taman Nasional ini memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering. Sedangkan untuk satwa, terdapat 26 jenis satwa yang tinggal di di kawasan ini, diantaranya banteng yang merupakan ikon dari taman nasional ini, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul, kancil dan kucing bakau. Selain itu, juga terdapat 155 spesies burung yang hidup di kawasan ini.
Taman Nasional Baluran memiliki beberapa pos pengamatan yang bisa dikunjungi dan memiliki keistimewaan sebagai sub obyek wisata di dalam Baluran. Seperti: Batangan; di sini terdapat goa peninggalan masa kolonial Jepang, makam putri Maulana Malik Ibrahim dan pengunjung juga bisa melihat atraksi tarian burung merak di saat musim kawin.

Pantai Pasir Putih

situbondo
Pantai Pasir Putih merupakan pantai yang begitu tersohor di Jawa Timur, dan terletak di kecamatan Bungatan, Situbondo, bisa ditempuh dalam 5 jam perjalanan dari Surabaya.
Karena terletak di wilayah yang strategis , yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya - Banyuwangi, dimana para wisatawan yang akan pergi ke Bali lewat jalur darat atau yang menuju ke Gunung Bromo dari Banyuwangi bisa singgah untuk mengunjungi pantai Pasir putih ini.
Di obyek wisata ini, pengunjung bisa menikmati pantai yang ramai dikunjungi hampir setiap hari libur dan akhir pekan, selain itu pantai ini bisa digunakan untuk menyelam dan berperahu karena memiliki ombak yang tenang dan memilki terumbu karang yang bagus di selami. 

Pelabuhan Jangkar

situbondo
Pelabuhan Jangkar merupakan pelabuhan utama Kabupaten Situbondo dan merupakan pelabuhan dengan daya tarik tersendiri karena masih merupakan pelabuhan tradisional di masa kini.
Pelabuhan Jangkar terletak di kecamatan Asembagus, 35 Km arah timur kota Situbondo. Disekitar pelabuhan, pengunjung yang datang bisa menikmati waktu dengan memancing, berjalan di pantai, berenang atau melakukan pelayaran dari Situbondo ke Kalianger, Madura.
Pelabuhan Jangkar adalah tempat bersandar perahu dengan tujuan sejumlah pulau dan kabupaten di Madura, seperti pulau Sapudi, Raas, Kangean dan juga Kalianget. Selain kapan ferri, terdapat kapal motor yang semuanya terbuat dari kayu. 

Pantai Pathek

situbondo
Pantai Pathek adalah salah satu pantai yang bisa dikunjungi saat berada di Kabupaten Situbondo. Terletak 5 Km ke arah utara kota Situbondo, pantai Pathek merupakan pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai di kunjungi.
Pantai Pathek menawarkan keindahan alam yang cukup asri. Pesona matahari terbenam dan obyek bawah laut menjadi daya tarik bagi Anda yang menyukai wisata laut. Jika langit tidak mendung anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam yang menyuguhkan keindahan tiada tara.
Di jalan sisi barat dari pantai Pathek, Anda dapat melihat saksi sejarah berupa jalan Anyer - Panarukan, yang dibangun pada jaman Belanda. Pantai Pathek terdapat di desa Gelung, kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. 

Pelabuhan Kalbut

Pelabuhan Kalbut terletak di desa Semiring Kec. Mangaran Kab. Situbondo. Pelabuhan Kalbut merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal kecil dengan rute khusus Kepulauan Madura contohnya P.Sepudi, P.Kangean, P.Raas, dll.
Selain itu, Pelabuhan Kalbut adalah tempat yang sangat menarik untuk memancing sekaligus melihat aktifitas nelayang yang sedang mencari ikan. Untuk para pemancing, sekarang ini pelabuhan kalbut akan dibuat sebuah dermaga sekaligus dengan fasilitas-fasilitasnya yang pembangunannya sangat membutuhkan uang yang sangat banyak loh. Tak tanggung tanggung, dana yang untuk membuatnya dallah Rp 14.661.550.000,00. Tetapi pembangunan itu sempat diprotes oleh para nelayan-nelayan di sekitar Pelabuhan, karena lahan yang digunakan ialah tempat perahu-perahu berlabu. Tetapi semuanya berdamai dan sekarang perahu-perahu itu berlabuh di selatan pelabuhan.
Buat para pemancing sekarang ini sangatlah enak loh jika memancing di Kalbut. Karena terdapat batu penghalang di trengahlaut yang berguna menghalang ombak yang akan menghantam pelabuhan. Batu tersebut sekarang ini digunakan untuk memancing bagi masyarakat. Selain di sana dalam juga banyak ikan-ikan sehingga para pemancing sangat puas. Untuk benih sendiri, kita dapat membeli di sekitar pelabuhan. Mulai dari benih udang, cacing, sampai ikan-ikan kecil ada di sini.
Bagi para ibu-ibu di daerah Kec. Mangaran biasanya akan membeli ikan kepada nelayan-nelayan yang baru datang melaut. Selai ikannya segar, rasanya juga enak-enak. Hhe :D
Selain Bisa memancing, sebenarnya pelabuhan kalbut sangat aman loh. Di Kalbut sendiri setiap malam akan di jaga oleh POLAIR (Polisi Air), setiap saat polisi ini akan menjaga pelabuhan kalbut mulai dari atas mercusuaar sampai di lautnya dengan menggunakan kapal. Polisi ini berpatroli bertujuan untuk melindungi Kantor Beacukai dan Kantor Perhubungan yang ada di Pelabuhan Kalbut.
Selain Beacukai, Perhubungan, dan PolAir Pelabuhan Kalbut juga terdapat tempat untuk penelitian bulan. B ukan hanya di bulan puasa digunakan tetapi setiap hari. Untuk di bulan puasa, banyak acara TV yang juga meneliti di Pelabuhan Kalbut. Yang paling sering adalah TV One.
Sekian dulu informasi tentang pelabuhan kalbut :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Free Download Corel VideoStudio Pro X5 Full

Free Download Corel VideoStudio Pro X3 Full

Flash Player 11